Implementasikan Internet Marketing Pada Bisnis Kamu


    Memiliki usaha sendiri atau berbisnis merupakan impian banyak orang, bahkan mereka yang sudah memeliki profesi tetap sekalipun tidak sedikit yang kemudian terjun ke dunia bisnis. Alasannya cukup sederhana, ada yang hanya ingin jadi bos, mencari kebebasan, atau bahkan yang ingin cepat kaya.

image source : http://shabbyhomedecor.blogspot.co.id/2017/02/top-entrepreneur-quote-2017-dari-bob.html

"Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya", yang dikatakan oleh Alm. Bob Sadino ini telah menjadi quote favorit saya sejak lama, karena memang benar adanya apa yang beliau katakan, dan itu menjadi alasan kenapa saya senang dan tertarik dalam berbisnis. Bisnis yang saya jalankan memang tidak besar, bahkan masih jauh dari kata BESAR.
    
    Sebelum melanjutkan, izinkan saya sedikit bercerita tentang bisnis yang saya jalankan saat ini. 

Saya masih duduk di bangku kuliah smester 4, namun itu bukan berarti saya masih tanggungan orang tua. Saya berminat dalam berbisnis pada saat saya masih di bangku sekolah menengah akhir, namun saya baru dapat menjalankannya di bangku kuliah ini, usaha yang saya geluti ini bukan milik sendiri atau keluarga, tapi merupakan hasil pengrajin kain songket khas melayu yang masih berada di lingkungan tempat saya tinggal, saya hanya memasarkan dan menjual produk tersebut melalui marketplace online dan sosial media. Dari omset yang saya dapat, saya berharap dapat membangun usaha sendiri nantinya :)
   
    Di era digital ini memang sangat banyak memudahkan kita dalam segala hal, termasuk berbisnis. E-commerce yang telah berkembang lebih cepat daripada perkiraan, sejatinya telah memberikan sebuah peluang bagi para pebisnis diseluruh pelosok negeri. Bahkan bagi orang awam pun bisa untuk terjun ke dunia bisnis ini, asal mereka membekali diri dengan ilmu untuk berjualan online, (baca juga : Studi Jualan Online)
   
    Apakah diantara kamu ada yang berbisnis tapi belum memanfaatkan perkembangan E-commerce ini ?. Jika kamu termasuk salah satunya, sudah saatnya kamu merapatkan barisan untuk membangkitkan bisnismu di era digital ini, dan izinkan saya untuk memberi sedikit pengalaman tentang pemasaran produk melalui internet marketing.

    selamat membaca.
   
   

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com


    jika membahas soal internet marketing maka itu tidak akan ada habisnya, karna internet marketing memiliki arti yang luas, tapi disini saya akan mencoba memberi gambaran secara garis besarnya apa itu internet marketing.
   
    Secara umum yang dimaksud dengan internet marketing atau IM adalah suatu proses dalam pemasaran atau periklanan yang menggunakan internet sebagai mediasinya.
   
    Ya intinya segala aktifitas yang bersifat memasarkan, menjual atau mengenalkan produk kamu dengan mediasi internet/online itu disebut dengan internet marketing
   
      kemudian secara umum ada beberapa bagian dalam internet marketing :
   
     1. Bagian umumnya seperti Website, Sosial Media, Email, SEO, Video, Audio, dan lain sebagainya.
       
    2. Periklanan seperti Pay Per Click (PPC), Cost per impression(CPI), advertisement (ADS) dan lain   
        sebagainya.
   
    3. Display adversiting yaitu periklanan yang menampilkan objek visual seberti banner iklan.
   
    4. Affiliate Marketing bisa dibilang perantara, beberapa jenisnya yaitu PPC, CTA,PTC, PPS dan lain
        sebagainya
   
    5. Mobile adversiting merupakan periklanan yang memanfaatkanmedia dari perangkat mobile,

    Disini saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang pengertian internet marketing dan bagian-bagianya, karena bukan itu tujuan utama saya dalam menulis artikel kali ini, mungkin di lain kesempatan saya akan menjelaskan dengan rinci apa itu internet marketing. 

tapi kalau kamu masih bingung saya akan memberikan sedikit ilustrasinya.
   
    saya akan membandingkan teknik offline marketing dan internet marketing agar kamu lebih mudah dalam memahaminya.
   
    hmm, katakanlah Ojan memiliki usaha sablon kaos. Ojan merancang sedemikian rupa desain kaosnya yang kemudian ia sablon menggunakan printer DTG miliknya, setelah itu ia membangun tempat yang akan dijadikan distro dimana ia akan berdagang. kemudian Ojan membuat brosur bahkan mempekerjakan tenaga seles marketing untuk mempromosikan usaha miliknya.

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com

   
    Penggalan ilustrasi diatas Ojan menggunakan teknik offline marketing, ia menggunakan brosur dan juga sales marketing. Dari yang ia lakukan tersebut Ojan memang berhasil menarik pelanggan untuk datang ke distro miliknya, namun yang datang hanyalah pengunjung lokal.
   
    Kemudian Ojan memikirkan cara bagaimana agar usahanya bisa bertambah maju, Ojan pun kemudian belajar tentang internet marketing, ia pun langsung menerapkan teknik internet marketingnya, mulai dari promosi di media sosial, membuat website, mempekerjakan pakar SEO, mendaftarkan ke iklan PPC, dan lain sebagainya. Hanya selang beberapa hari kaos Ojan langsung kebanjiran pesanan, dan yang memesan kaosnya bukan hanya dari lokal, tapi dari seluruh penjuru negeri.

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com
  

    Dari penggalan kisah Ojan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kesuksesan Ojan tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi.



    Lalu apa saja pengaruh serta manfaat internet marketing pada bisnis ?
           
           

   Pemasaran melaui website, media sosial, ads, dan yang lainnya akan lebih menghemat biaya dibanding dengan pemasaran melalui brosur, pamflet, dan media iklan seperti televisi maupun radio.



     Pemasaran dengan internet marketing juga sangat instant, hanya dengan mengupdate status atau memperbarui konten website, dalam hitunga detik saja informasi tersebut langsung bisa di akses oleh
                                                                                    semua orang.


               
   Selain instant, internet marketing juga bersifat global, informasi dan produk kamu dapat di akses oleh semua orang tanpa batasan ruang dan waktu, asalkan mereka memiliki perangkat dan terhubung ke internet.
               
         

     Dengan internet marketing juga bisa menghemat waktu kamu, informasi yang kamu pasarkan dapat di lihat kapan saja dan oleh siapa saja, hal itu dikarenakan informasi tersebut selalu tersedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
             

           
    Internet marketing juga berdampak pada Brand yang kamu bangun, bisnis kamu akan lebih cepat di kenal serta mendapat kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan.
           
      

    Dengan memanfaatkan strategi internet marketing, kamu bisa lebih menemukan relasi dari target pasarmu.
   
     

    Apa masih ada diantara kamu yang belum mau menggunakan internet marketing setelah mengetahui pengaruh dan manfaat di atas ?,  mungkin kamu orangnya terlalu takut keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru.
   
    atau kamu yang sudah punya niat yang mantap untuk membangkitkan bisnis kamu melalui internet marketing, tapi masih bingung harus mulai darimana ?. Selamat, kamu berada di jalan yang benar. Kamu hanya perlu sedikit mengasah kemampuanmu dengan terus belajar.

       
Bagaimana membangkitkan bisnis melalui IM ?

    Untuk menerapkan konsep internet marketing pada bisnismu tentunya kamu sendiri harus faham dan mengerti tentang IM, dan kalau ditanya kapan harus Belajar ? jawabannya ya sekarang ! kamu bisa belajar dengan bermacam-macam cara, bisa dari buku, e-book, artikel di internet, video tutorial, atau gabung di forum-forum diskusi yang berhubungan dengan internet marketing.
Jika kamu tipe orang yang susah belajar sendiri atau otodidak, maka kamu bisa mengikuti Kursus Internet Marketing.
   
    kemudian apa langkah awal yang harus dilakukan untuk membangkitkan bisnis kamu melalui Internet Marketing ?

        1. Bentuk Brand

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com

Jika kamu baru ingin memulai berbisnis atau kamu yang sudah mempunyai bisnis tapi belum mempunyai Brand, maka langkah awal yang harus kamu lakukan tentu saja membuat Brand untuk bisnismu. Selain memberi image dan membentuk persepsi bagi konsumen, Brand juga membantu kamu untuk terlihat lebih profesional. Tidak akan sulit mendapatkan loyalitas pelanggan jika kamu berhasil menciptakan image yang baik pada Brand kamu.
       
        2. Kenali target pasar

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com
Kamu tidak akan bisa sukses berbisnis kalau kamu tidak mengetahui siapa target pasarmu, tapi jika kamu sudah mengetahui target pasarmu itu akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan segala sesuatunya sesuai selera mereka. Mulai dari cara promosi, menyesuaikan desain web dan  banner iklan, dan lain sebagainya.
           
        3. Susun Strategi

image source : https://tetypurwanti.blogspot.com

Strategi tentu menjadi faktor penting dalam pemasaran, karena strategi yang tepat pasti akan berbanding lurus dengan hasilnya. Ada banyak sekali strategi internet marketing yang bisa kamu terapkan seperti website, media sosial, email, SEO, ADS, PPC, Artikel, dan teman-temannya yang lain. Tinggal kamu saja yang menyesuaikannya.
           
        4. Action

            Percuma jika kamu telah memiliki 3 poin di atas tapi masih saja belum memulai. tapi jangan lupa tetap berusaha sambil berdoa yaa.

     
      "mbak, sharing tentang strategi IM dong"
     
      Bicara tentang strategi Internet Marketing, itu semua kembali kepada diri kita masing-masing, sebarapa kreatif kita dalam memasarkan produk atau seberapa jeli kita melihat peluang dan target pasar yang tepat. Diluar sana ada banyak orang yang mau dan bersedia mengeluarkan uang untuk  memenuhi apa yang mereka inginkan dan apa yang meraka butuhkan.
     
      sebagai contoh saya akan sharing bagaimana strategi internet marketing yang bisa kamu implementasikan nantinya.
   







Untuk strategi pertama ini cukup simple dan mudah, kamu hanya perlu memasarkan produkmu di media sosial. Katakanlah kamu memilih facebook, hal yang perlu kamu lakukan yaitu bentuk sebuah fanpage yang berisi tentang produk kamu, selanjutnya kamu harus  menarik user lain untuk mengunjungi dan menjadi follower page kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh like dan follower page kamu, misalnya saja kamu bikin kuis berhadiah yang tentunya sesuai dengan produk dan target pasar kamu. Maksud saya misalnya target pasar kamu adalah kawala muda, kamu mungkin bisa mengadakan lomba blog, lomba desain, atau kuis-kuis simple dengan hadiah pulsa i-net dan semacamnya. Kemudian jika misalnya kamu mempunyai dana lebih dan ingin menarik follower dengan cepat, maka tidak ada salahnya mencoba menggunakan  facebook advertisement.

           






Pernah dengar istilah "A Minute Video, It's Worth More Than 1 Million Words" ? It's a Fact dan kamu bisa memanfaatkan media satu ini. Video marketing merupakan strategi yang memerlukan sedikit usaha dan kreasi, tapi buat kamu yang memiliki hobi atau keahlian dibidang ini  tentunya strategi Video marketing ini tidak menjadi hambatan. Untuk strategi yang ke dua ini kamu harus membuat sebuah video yang kemudian kamu upload ke youtube atau buat kamu yang hobi nge-vlog bisa juga mengupload video buatan kamu ke blog masing-masing. Namun perlu di ingat :
            -video yang kamu bikin haruslah berisi konten yang bermanfaat bagi viewer.
            -jangan memberi kesan hard selling pada konten video kamu.
            -kreatif dan menarik.

           





Hal peratama yang harus kamu lakukan untuk menjalankan strategi ini tentu saja kamu harus memiliki website, kamu bisa menggunakan website dengan hosting dan domain berbayar atau yang gratis seperti blogger dan wordpress. Setelah kamu memiliki website, Desain website kamu dengan tampilan yang menarik, kemudian tulis konten menarik yang bertujuan mengenalkan produk kamu. Sekali lagi kamu harus ingat, jangan memberi kesan hard selling karna pengunjung tidak akan menyukainya, "tell a story" dan biarkan pembaca berpetualang dan berimajinasi untuk mengenali produkmu. setelah itu tinggal kamu optimalkan website kamu dengan teknik SEO agar website kamu cepat dikenal dan ramai dikunjungi.
           
        Sebenarnya masih banyak strategi internet marketing yang bisa kamu terapkan, asal kamu mempunyai kemauan untuk mempelajarinya. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak di buka tempat kurus atau Studi Internet dan Digital Marketing. Namun perlu kamu ingat, untuk sukses dengan internet marketing kamu harus memahami konsep utamanya yaitu Tentukan Strategi yang tepat, Sasaran yang tepat, dan di Waktu yang tepat.

        Terimakasih untuk yang sudah membaca dan selamat Berbisnis
        

        

       
       

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar